Minggu

Panduan Membuat Surat Sendiri

Pertama saya disuruh bikin surat dari sebuah organisasi, berbagai perasaan menyatu bercampur aduk, mau ditolak, nggak bisa, sedangkan saya masih hijau. terus saya baca - baca surat dari organisasi lain, dan sharing dengan senior saya, akhirnya selesailah surat pertama saya.

saya yakin, teman - teman pun begitu juga. akan tetapi dengan keinginan supaya bisa yang ditanamkan, saya yakin teman - teman sanggup dan mampu melaksanakannya. pertama - tama kita harus tahu bentuk surat dan komposisi sebuah surat. jika sebuah surat itu berasal dari sebuah organisasi, instansi atau lembaga, sebuah surat harus memiliki kop surat (tentang kop surat akan kita bahas diposting selanjutnya). dan seterusnya sebuah surat harus memiliki pembukaan, isi dan penutup.
  •  yang dimaksud dengan pembukaan itu biasanya seperti ini " dengan hormat, sehubungan dengan......bla....bla...
  • kemudian isi surat, soal panjangnya bisa 1 atau 2 paragraf. disitu dijelaskan maksud kita, misal " kami bermaksud mengundang bapak/ibu untuk hadir pada :......bla...bla    "
  • dan ditutup dengan penutup, biasanya berbunyi seperti ini " demikian disampaikan, terima kasih....bla....bla...bla...
mudahkan? teman - teman bisa mengubah sesuai dengan maksud dan bentuk (resmi/non).
semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar