Selasa

Format Surat Lamaran Baik dan Benar

Semakin tingginya angkatan kerja alias pencari kerja di Indonesia berbanding terbalik dengan jumlah lapangan kerja, belum lagi keinginan para pengusaha utuk melakukan penghematan ditengah - tengah krisis ekonomi yang sedang melanda dunia, semakin membuat peluang untuk diterima bekerja semakin sulit. akan tetapi, disamping mengurangi jumlah tenaga kerja, para pengusaha juga membutuhkan tenaga kerja berkualitas, secara akademis dan kapabilitis.

Melihat hal diatas, para pencari kerja tidak usah pesimis, jika merasa berkompeten, terus lah melamar pekerjaan. siapkan surat lamaranmu dan beberapa syarat tertentu, dan bersiaplah memulai karir. buatlah surat lamaran dengan tulisan tangan, karena biasanya, mereka memiliki stenograf (ahli membaca kepribadian lewat tulisan tangan) sehingga mereka bisa menghemat waktu dan biaya dalam proses penyaringan tenaga kerja.

Untuk lolos dari tingkat penyaringan surat lamaran, buat surat lamaran dengan format dan ejaan yang benar. buatlah serapi mungkin dengan huruf kapital. adapun contoh format surat lamaran, dapat kamu lihat dibawah ini :

Batam, 27 November 2012
Kepada Yth :
Bapak / Ibu Pimpinan
Anambas Ahli Surat  

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini memerlukan pegawai sebagai .........(isikan titik titik dengan nama jabatan). Oleh karena itu saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.
Saya tamatan SMA, belum menikah, jujur, disiplin, berpenampilan menarik, bertanggung jawab, serta dapat bekerja sama dalam tim maupun individual. (untuk menggambarkan diri kamu, kalau bisa jangan terlalu neko - neko deh, kesannya nggak bakalan bagus).
Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/ Ibu bersama ini turut saya lampirkan :
  1. Foto Copy Ijazah Terakhir : 1 Lembar
  2. Pas Photo 4 x 6 : 1 Lembar
  3. Foto Copy KTP : 1 Lembar
  4. Daftar Riwayat Hidup : 1 Lembar
Demikianlah surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya sudilah kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di Anambas Ahli Surat yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
  Brankassurat

itulah Contoh surat lamaran untuk diajukan ke perusahaan swasta, adapun untuk mengajukan lamaran sebagai PNS, cobalah lihat dibawah ini :


                                                                                                                     Tanjung Pinang, 4 Maret 2012

Kepada yth :
Bapak/Ibu Bupati Kepulauan Riau (Kabupaten/kotanya dihilangkan)
C/Q. Kepala BKD Kabupaten Kepulauan Riau
di -
Tanjung Pinang

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                     :
Tempat, tgl lahir      :
Jenis kelamin          :
Agama                   :
Pendidikan/Jurusan : S-1 ....
Alamat                   :
Nomor telepon/HP :

Dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bapak/Ibu, agar kiranya dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kabupaten Kepulauan Riau dengan jabatan  ......... isikan titik2 dengan nama jabatan yang anda pilih (kode jabatan : ….-biasanya disertai dengan kode jabatan tersebut-)
Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini Saya lampirkan :

  1. Foto copy Ijazah terakhir              : 1 lembar,
  2. Foto copy KTP dilegalisir             : 1 lembar,
  3. Foto copy Kartu Pencari Kerja (AK. I) dilegalisir          : 1 lembar.
  4. Pas photo warna / hitam putih(pilih salah satu,tergantung persyaratan) ukuran 3×4 cm   : 4 lembar,

Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan Saya kiranya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.

                                                                                                                   Hormat Saya,

                                                                                                                    (Ahli Surat)

semoga apa yang saya bagi ini dapat berguna bagi semua, untuk lebih jelas bentuk formatnya, silahkan download disini. persiapkan dirimu sebaik mungkin untuk memasuki tahapan selekssi selanjutnya. oya, bagaimana cara menanda tangani surat yang bermaterai silahkan cek di posting saya sebelumnya, disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar